RSS

PNS SEPERTI APA YANG ANDA TAHU?

30 Apr

Tonggak tegaknya negeri ini ada di tangan birokrat, khususnya PNS. Wajar saja jika carut-marutnya masalah negeri  sering dipautkan kepada PNS sebagai biang keroknya, terlepas itu salah sasaran atau benar, orang yang tidak mengerti persoalan pun serta-merta membenarkan. Saya tidak ingin terjebak dalam generalisasi kejadian sebagai fenomena umum, tapi saya ingin mendudukkan setiap masalah pada tempatnya. Bukan sebagai pembelaan atas posisi saya sebagai PNS, tetapi hanya menyampaikan pesan agar siapa pun tidak terjebak pada klaim yang membawanya pada pemahaman dan kesimpulan yang salah.

PNS memang paling banyak disorot, terutama kinerjanya yang dianggap sangat buruk. Entah memang ada yang salah dengan sistem pembinaan PNS dan pengelolaan kepegawaian, tetapi secara pribadi saya melihat memang terlalu banyak celah yang memberikan kesempatan kepada pelayan masyarakat ini untuk melalaikan tanggung jawabnya. Sistem pengawasan internal yang lemah karena aturan yang dijadikan pegangan tidak sepenuhnya dijalankan menyebabkan tidak adanya kewibawaan sehingga setiap pegawai merasa tidak bersalah melanggarnya. Ruang pelanggaran dalam pengelolaan keuangan juga sangat lapang. Meskipun dengan berbagai sorotan masalah korupsi, tetapi toh penikmat korupsi juga tetap santai menjalankan aksinya. Apanya yang lemah? Konsepnya tentang administrasi!!! Kebenaran yang dipegang dalam sistem birokrasi adalah kebenaran administratif. Jika secara administrasi sudah lengkap dan memenuhi standar, maka itu sudah cukup entah dengan cara dan jalan apa yang dilakukan untuk melengkapinya. Maka wajarlah jika dokumen-dokumen palsu, rekayasa laporan kegiatan, manipulasi angka-angka menjadi hal yang sangat mudah dan mungkin dilakukan.

Tetapi sangat tidak adil jika saya hanya mengungkap sisi buruk PNS di ruang ini, dan pastinya saya akan dicaci habis-habisan oleh sesama rekan jika tidak menunjukkan sikap seorang PNS yang berintegritas dan bertanggung jawab penuh atas tugasnya. Mungkin Anda tahu bahwa banyak PNS yang terangkat dengan cara yang tidak halal dan memang lebih mudah dan menarik diomongin. Tidak ada yang tertarik membincangkan seorang PNS yang berjuang dengan penuh kejujuran, mengikuti seleksi CPNS dengan cara yang gentle. Anda juga pasti tidak tertarik membicarakan seorang PNS yang rela kehilangan jabatan karena mempertahankan integritas dan idealisme. Bagi sebagian orang memandang bahwa menjadi PNS tidak ada gunanya lagi mempertahankan idealisme karena itu suatu hal yang mustahil.

Anda tahu? Seorang PNS dituntut loyalitasnya kepada negara, dan salah satu manifestasinya adalah loyal kepada pimpinan. Tetapi tidak jarang seorang PNS berbeda prinsip dengan atasannya yang menyebabkan nasib karirnya kurang baik di pemerintahan. Kesalahan memang lebih mudah diletakkan di posisi yang lebih rendah karena untuk mengangkatnya butuh energi yang lebih besar dan waktu yang tidak singkat.

Dan mungkin masih banyak hal-hal baik tentang diri PNS, tetapi tidak menarik untuk diberitakan. Tetaplah jadi PNS dengan diri seutuhnya sebagai manusia yang berprinsip dan berkarakter.

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 30 April 2012 in Sekitar Kita

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: